Sambangi Warga Gedangsari, Petinggi BPJS Jaring Aspirasi

117 views

Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Dalam rangka memperingati HUT BPJS Kesehatan yang ke -51, jajaran Direksi dan senior keaders BPJS Kesehatan menyambangi sejumlah masyarakat di Kecamatan Gedangsari, Jumat,(12/7/2019).

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari menyampaikan, hal itu dilakukan untuk memantau langsung implementasi JKN-KIS. Kunjungan tersebut juga dilakukan guna menjaring aspirasi masyarakat setempat demi menyempurnakan jalannya program jaminan kesehatan sosial.

“Kami ingin mendengar langsung suara masyarakat tentang pelaksananan JKN-KIS diberbagai tempat,khususnya wilayah perkampungan yang kondisinya cukup berbeda dengan wilayah perkotaan yang aksesnya serba ada,” jelasnya.

Dengan menyambangi masyarakat secara langsung, pihak BPJS akan lebih mengetahui apa saja yang perlu dipertahankan dan perlu disempurnakan. Hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi pihak BPJS untuk melakukan peningkatan layanan JKN-KIS kedepan.

Dalam kunjungan tersebut. BPJS Kesehatan juga menyambangi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) setempat untuk memastikan pelayanan JKN-KIS berjalan dengan baik.

“Kami juga melakukan pembaruan data pada sejumlah kartu peserta JKN-KIS untuk meningkatkan validitas data,” kata Andayani.

Tak sampai disitu,para petinggi BPJS Kesehatan pun menyerahkan bantuan berupa bantuan air bersih diwilayah Kecamatan Gedangsari bekerja sama dengan PMI Gunungkidul.

Andayani menambahkan,masyarakat punya peran besar untuk mengawal agar program JKN-KIS bisa terus berjalan,salah satunya dengan menjaga agar yang sehat tetap sehat dan yang sakit tidak bertambah parah.

“Sehat itu murah dan mudah. Makan dengan gizi seimbang, istirahat cukup, olah raga ringan tiap hari. Ini hal yang sederhana, tapi tantangannya luar biasa karena tergantung komitmen kita sendiri,” ucapnya.

Sementara itu ,Camat Gedangsari, Martono Iman Santoso menyatakan apresiasinya terhadap BPJS Kesehatan. Dia berharap dengan adanya kegiatan dan sosialisasi tersebut maka masyarakat khususnya warga Kecamatan Gedangsari menjadi paham mengenai alur dan prosedur pelayanan di era JKN-KIS.

“Mudah-mudahan selanjutnya masyarakat semakin bijak dalam menggunakan kartu KIS nya sehingga tidak mendapat kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan,”ucapnya. (Santi)

Related Post