Sampai Awal Tahun, Belum Semua Koperasi Gelar RAT

138 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Belum semua koperasi yang ada di Kabupaten Gunungkidul melaksankan rapat anggota tahunan (RAT).

Terbukti dari data Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Gunungkidul, sebanyak 262 koperasi yang aktif baru 23 koperasi yang menggelar RAT.

Padahal pelaksanaan RAT diatur dan tertuang dalam UU No. 25/1992 tentang Koperasi.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Gunungkidul, Sih Supriyana, mengatakan khusus untuk wilayah DIY, akselerasi rapat akhir tahun merupakan bentuk pertanggung jawaban pengurus kepada anggota.

“Semua koperasi di Gunungkidul harus menyerahkan hasil RAT paling lambat akhir Maret 2019,” kata dia, Selasa (29/1/2019) kemarin.

Menurutnya, sedikitnya koperasi yang mengadakan rapat akhir tahun dikarenakan pengurus koperasi merasa masih punya waktu yang cukup sebelum Maret. Namun menjelang Februari, ia optimistis akan banyak koperasi yang mengadakan RAT.
DKUKM Gunungkidul akan memberikan reward kepada koperasi yang melakukan akselerasi RAT pada Januari ini. Sepuluh koperasi pertama yang merampungkan RAT diberi piagam penghargaan.

“Tujuannya agar koperasi yang lain segera menggelar RAT,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia DKUKM Gunungkidul, Ratna Madyaningtyas, mengatakan, inti dari sebuah koperasi terletak pada kesejahteraan anggota. Tetapi permasalahan juga dapat muncul dari anggota koperasi.

“Kelancaran RAT bergantung pada hubungan antara pengurus koperasi dan anggotanya,” tutupnya. (Bayu)

Related Post