Sapi Gunungkidul Masih Manjadi Primadona

448 views

Ilustrasi.net


Gunungkidulpost.com – Semanu – Letak wilayah yang mendukung membuat hewan ternak di Gunungkidul menjadi incaran utama oleh para pembeli hawan kurban. Pengunjung dari berbagai daerah, masih mengincar sapi dan kambing dari Gunungkidul untuk disembelih saat Idul Adha nanti.

Berdasarkan pantauan Gunungkidulpost.com, di Pasar Hewan Munggi, Semanu, Jumat (2/9/2016) memasuki H-10 aktivitas penjualan hewan sapi dan kambing sudah menunjukkan signifikan. Terbukti para pembeli dari luar kota pun berdatangan untuk melihat suasana hewan yang akan  disembelih nanti.

“Sudah biasa datang ke Gunungkidul ini untuk mencari sapi yang kualitasnya lebih baik daripada daerah lain,” kata salah ssatu pembeli asal Magelang, Sumitro saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Dia menuturkan, kondisi sapi di Gunungkidul selain lebih baik, juga harganya pun lebih murah dibandingkan dengan kabupaten lain. Pihaknya mengaku, harga sapi di Gunungkidul dengan wilayah lain selisih Rp 1 juta – Rp 1,5 juta. Namun kondisinya pun jaluh lebih baik daripada daerah lain, lantaran diuntungkan dengan letak wilayah yang mendukung.

“Yang jelas lebih murah dan lebih berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Gunungkidul, Krisna Berlian mengatakan, Gunungkidul yang berada diperbukitan membuat kualitas hewan ternak lebih sehat dibandingkan dengan wilayah diperkotaan. Sehingga akan lebih aman terhindar dari penyebaran virus.

“Kualitas sapi Gunungkidul memang cukup bagus, sehingga banyak pembeli luar daerah yang memilih untuk membeli sapi di sini,” paparnya. (Bayu)

Related Post