Saptosari Kembangkan Garam Rakyat

129 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Saptosari –  Sebagai upaya untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat, mulai tahun depan Kecamatan Saptosari akan program garam rakyat di wilayah Nguyahan.

Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Gunungkidul Sri Suhartanta bahwa usulan tersebut akan disampaikan ke Pemerintah Daerah DIY untuk pengembangannya.

“Di wilayah selatan pastinya tidak lepas dari pantai, potensi itu ingin kembangkan dengan garam rakyat, jadi masyarakat bisa mengolah garam sendiri, untuk kebutuhan sehari-hari maupun dijual,” katanya, Senin (20/11/2017).

Dengan adanya garam rakyat ini, diharapkan bisa menjadi solusi kebutuhan garam masyarakat DIY, khususnya Saptosari, dan juga dapat menekan harga garam yang sempat melonjak kemarin.

“Kalau Saptosari itu kita rencananya akan dilakukan pengembangan garam rakyat, dan tentunya pariwisatanya juga akan kita tingkatkan,” tandas Sri.

Lalu, nantinya akan disediakan pula penunjuk jalan untuk menuju ke obyek wisata agar para wisatawan mudah menemukan destinasi-destinasi wisata yang ada di Saptosari.

“Kemudian juga industri di Saptosari memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, termasuk industri olahannya. Disana ada kegiatan-kegiatan pelatiahan untuk warga, mau tidak mau kapasitas SDM dan fasilitas pendidikan juga harus ditingkatkan,” ungkapnya.

Untuk menanggapi pariwisata di Saptosari, ia menerangkan sudah ada SMK khusus yang berdiri disana untuk membangun SDM yang handal dalam mengelola pariwisata.

“Disana ada SMK berpotensi untuk mendukung industri, contohnya saja pembuatan batik, disana sudah ada alatnya, dan juga menanam tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk mewarnai batik itu, kan disana batiknya menggunakan pewarna alami,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post