SAR Butuh Personil Tambahan

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari –  Search and Rescue Satuan Perlindungan Masyarakat (SAR Satlinmas) Wilayah I dan II Gunungkidul masih kekurangan puluhan personel. Saat ini baru ada 87 personel SAR, padahal minimal harus ada 165 personel untuk menjaga 33 pantai yang ada di Gunungkidul.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono mengatakan setelah sejumlah pantai baru yang ada di Gunungkidul ramai dikunjungi oleh wisatawan, kebutuhan personil SAR untuk menjaga keamanan pantai mutlak untuk dilakukan.

“Baik wilayah I dan II sekarang ada 87 personil dan minimal setiap pantai itu harus ada lima personil yang menjaga,” kata dia, Selasa (6/3).

Menurutnya, jika dikalkulasikan untuk menjaga 33 pantai dengan lima penjaga setiap pantai, maka membutuhkan personil sebanyak 165 orang. Bahkan seharuasnya lebih banyak dari itu, pasalnya sejumlah pantai memiliki kepadatan pengunjung yang lebih dari rata-rata. Sehingga perlu lebih dari lima personil untuk menjaga keamanan pantai, seperti halnya di Pantai Baron yang dinilai rawan.

“Kalau di Pantai Baron yang memang rawan kami siagakan 16 personel. Tapi di pantai-pantai yang lain masih ada yang hanya tiga personil berjaga,” tandasnya.

Dengan masih adanya sejumlah pantai yang minim petugas SAR, pihaknya kini mengupayakan untuk melakukan penambahan personil. Hal itu dilakukan dengan pengajuan ke Satuan Pamong Praja (Satpol PP) DIY dan Satpol PP Gunungkidul, sebagai institusi yang menaungi SAR.

“Selain kekurangan personil kami juga masih minim fasilitas,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post