SAR Himbau Wisatawan Patuhi Larangan Mandi di Laut

image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Jumlah kecelakaan laut di objek wisata pantai Gunungkidul terus ditekan. Para wisatawan yang berkunjung ke pantai di musim libur Lebaran kali ini pun diharapkan tidak lengah saat berwisata.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono mengatakan, Pengunjung dihimbau selalu memperhatikan dan mematuhi larangan mandi di laut.

“papan peringatan tanda bahaya yang terpasang di sejumlah sudut jangan hanya dibaca saja namun diamini,” ungkapnya , Selasa (27/6/2017).

Misalnya, larangan berteduh di bawah tebing. Wisatawan diminta menjauh dan mencari tempat berteduh yang lain demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

“Melalui pengeras suara, petugas juga menghimbau wisatawan agar tidak mandi di laut. Cukup sering kami [SAR] juga mendatangi langsung wisatawan dan menegur,” ujar Marjono.

Selain himbauan dan peringatan, Tim SAR sudah membuat skema evakuasi penanganan kecelakaan wisata pantai melalui jalur laut. Alurnya, korban akan dibawa menggunakan kapal ke Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Selanjutnya korban segera dilarikan menuju Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post