Satgas Dana Desa Audit Songbanyu, Berikut Hasilnya

397 views

Satgas Dana Desa Menyampaikan Hasil Pemeriksaan Ke Pemkab Gunungkidul. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hasil audit yang dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa terkait pengelolaan dana desa di Desa Getas, Kecamatan Playen dan Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo.
Satgas menemukan indikasi penyimpangan administrasi dalam pengelolaan dana desa.

Setelah melakukan pemeriksaan di dua desa tersebut, tim satgas melakukan pemaparan adanya sejumlah temuan kepada Wakil Bupati Gunungkidul yang dilakukan secara tertutup di Ruang Rapat Bupati, Jumat (15/12/2017).

“Berdasarkan pemeriksaan, kami mendapat temuan pertama terkiat dengan tertib administrasi dan yang kedua adanya indikasi penyimpangan terkait dengan administrasi,” kata Wakil Ketua Satgas Dana Desa, Eko Bambang Riyadi kepada wartawan, Jumat(15/12/2017) kemarin.

Adanya indikasi penyimpangan tersebut ditemukan di Desa Songbanyu. Sejumlah dokumen terkait dengan penggunaan dana desa tidak lengkap, sehingga menimbulkan pertanyaan.

Berdasarkan pemeriksaan fisik bangunan diketahui ada, tetapi dokumen-dokumen terkait pembangunan tidak ditemukan.

“Kami nanti pasti akan terus pantau perkembangannya, dan inspektorat harus segera turun tangan,” tandasnya.

Pihaknya menilai transpransi pengelolaan anggaran di Songbanyu memang sangat rendah. Hal itu dicontohkan dari sejumlah pembangunan seperti jalan, talud dan lain sebagainya tidak disosialisasikan kepada warga dengan transparan. Pemdes beralasan program tersebut bukanlah prioritas utama sehingga tidak perlu untuk disosialisakan.

“Gara-gara tidak transparan kinerja pemdes menjadi kurang baik. Hubungan antar lembaga yakni pemdes, pemdamping desa, dan badan perwakilan desa (BPD) menjadi tidak harmonis,” tutupnya. (Bayu)

Related Post