Satu Bakal Caleg Nasdem Dicoret

22 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum Dearah (KPUD) Gunungkidul telah mencoret salah seorang bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Partai Nasdem.

Pencoretan dilakukan karena yang bersangkutan merupakan mantan narapidana kasus korupsi.

Ketua DPD Nasdem Gunungkidul, Suparjo, mengatakan pihaknya tidak mengetahui jika pak Tumiyo (bacaleg Nasdem) pernah terlibat kasus korupsi.

“Allhamdullilah KPU Gunungkidul cermat, karena kami tidak mengetahui jika pak Tumiyo pernah terlibat kasus korupsi,” kata Suparjo, Rabu (1/8/2018).

Suparjo mengaku mengetahui kasus tersebut hanya masalah hutang piutang, bukan masalah korupsi. Tumiyo yang merupakan Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan Playen Partai Nasdem ini sebelumnya mendapat nomor urut 5 dan rencannya akan bertarung untuk merengkuh suara masyarakat di Dapil 1, dan digantikan oleh istrinya Parinem.

Dia berharap dengan pencoretan ini tidak menimbulkan polemik ditengah masyarakat. Sehingga target 10 kursi bisa tercapai.

“Sudah diganti garwane (istrinya), Parinem,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KPU Gunungkidul Moh Zainuri Ikhsan mengatakan sudah mencoret seorang Bacaleg dari Nasdem. Mantan narapidana kasus korupsi mendaftar sebagai calon legislatif dalam Pemilu 2019 dilarang.

“Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018, KPU juga melarang mantan napi bandar narkoba dan pelaku kejahatan seksual terhadap anak untuk mendaftar sebagai caleg,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post