SD Negeri Wonosari 1 Dan SD Negeri Wonosari 6 Maju Lomba Gugus Depan Tingkat Nasional

image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tim visitasi seleksi lomba Gugus Depan (Gudep) unggul tingkat Nasional tahun 2017 hadir untuk melakukan penilaian di Gudep gerakan Pramuka di SDN Wonosari 1 dan SDN Wonosari VI, Gunungkidul, Kamis,(24/08/2017).

Kehadiran para tim visitasi di sambut langsung oleh wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi. Dengan kedatangan para tim penilai kali ini diharapkan mampu memberikan hasil yang dapat dipertanggung jawabkan atau memberi kemanfaatan yang besar bagi seluruh Gudep Pramuka se Gunungkidul, Pemerintah Kabupaten maupun seluruh masyarakat.

Immawan menyampaikan bahwa Gudep merupakan ujung tombak kependidikan kepramukaan. Sementara tugas pokok gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia menuju ke tujuan gerakan Pramuka, sehingga dapat membentuk tenaga kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat bangsa dan negara.

“Dalam kaitannya dengan visi Pemkab Gunungkidul, yaitu mewujudkan Kebupaten Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya, menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri dan sejahtera tahun 2021,” jelas Immawan kepada Gunungkidulpost.com.

Immawan juga menyebutkan bahwa di Gunungkidul juga telah dibentuk Pramuka pariwisata yang bertugas membantu pengembangan dan pelayanan kepada pengunjung wisata ke Gunungkidul.

“Hal ini menunjukan bahwa gerakan Pramuka hidup dan bergerak ditengah masyarakat dan berusaha membentuk tenaga kader pembangunan yang bergunan bagi masyarakat,” tutur Immawan.

Adapun tujuan visitas Gudep ini sendiri adalah menjamin Gudep yang memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh kwartir nasional, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang tidak memenuhi standard.

Selain itu, juga untuk memotifasi Gudep agar terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Sehingga bermanfaat sebagi dasar pertimbangan dalam proses pembinaan dan pengakuan dari kwartir. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post