Sebagian Warga Sudah Teraliri Air Bersih

546 views

Ilustrasi. Net


​Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 84 persen masyarakat di Kabupaten Gunungkidul sudah mendapatkan pelayanan air bersih. Meski harus mengalami permasalahan dalam penyaluran air bersih kepada masyarakat. 
Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, Pemkab Mengklaim mayoritas warga sudah mendapatkan pelayanan air bersih. Menurutnya, yang berasal dari PDAM sebanyak 51 persen, Spamdes 21 persen, dan mandiri 12 persen. “Totalnya sudah 84 persen masyarakat yang telah mendapatkan layanan air bersih,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (5/1/2016).
Dia menuturkan, potensi air bersih di Gunungkidul cukup besar, seperti di Bribin yang debit airnya mencapai 2.000 liter per detik. Namun selama ini ia mengaku masih banyak kendala potensi sumber air yang belum dimanfaatkan. “Saya akui masih banyak sumber mata air bersih yang belum dikelola secara baik,” paparnya. 
Pihaknya pun optimis dengan strategi PDAM, Spamdes, siste panen air hujan dapat terlayani dengan baik. “Kami optimis dengan semuanya akan terlayani kebutuhan air bersih dengan baik,” paparnya.
Terpisah, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan, pihaknya mentargetkan hingga tahun 2019 mendatang akses penyedia air minum mampu mencapai 100 persen.“Sudah di masukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang bahwa 2019 mendatang target kita 100 persen dapat memanfaatkan layanan air berisih di seluruh wilayah Gunungkidul,” bebernya. (Bayu)

Related Post