Sebulan Dilantik, Banyak SK Anggota Dewan Sekolah di Bank

132 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebagian besar anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul beramai-ramai menjaminkan SK (surat keputusan) mereka untuk mendapatkan pinjaman dari bank meski baru sebulan dilantik.

Dari informasi yang dihimpun, diketahui bahwa total anggota dewan yang berjumlah 45 sekitar 80 persen telah menggadaikan SK mereka.

Sekretaris Dewan, Agus Hartadi, mengatakan 80 persen anggota yang baru dilantik sebulan yang lalu itu sudah menggadaikan SK ke Pihak Bank.

“Semua prosedur pengajuan pinjaman kan harus lewat saya, ya pasti taulah. Saat ini total sekitar 80 persen anggota (DPRD) sudah mengajukan pinjaman,” kata Agus Hartadi saat ditemui, di Kantor DPRD Gunungkidul, Senin (16/9/2019).

Padahal, anggota DPRD Gunungkidul diharapkan tidak menghabiskan seluruh gajinya untuk mengangsur. Namun tetap saja nekat untuk penajuan dengan tenor tertinggi.

Disinggung besaran, Agus tidak mau mengungkapkan karena alasan privasi.

“Wah untuk besarnya kan gak elok untuk disebutkan. Kebutuhan seseorang kan berbeda-beda, jadi hingga saat ini masih ada yang mengajukan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, berharap agar jangan sampai seluruh gaji yang diterima setiap bulan, anggota DPRD hanya dihabiskan untuk mengangsur cicilan pinjaman.

Jika semuanya habis, ia khawatir nantinya anggota DPRD Gunungkidul tidak ada semangat untuk bekerja.

“Dulu itu sampai ada yang minus gajinya. Jadi setiap bulan setor ke Sekwan. Kami harap tahun ini tidak terjadi,” ucap Endah.

Terpisah, Direktur Bank Derah Gunungkidul (BDG) Suci Sulistyawati, mengatakan pihaknya terbuka bagi siapa saja yang akan mengajukan pinjaman termasuk anggota DPRD.

Dia mengaku, BDG saat ini sudah mendapatkan pengajuan beberapa anggota DPRD Gunungkidul.

“Untuk anggota dewan maksimal Rp500 juta dan saat ini sudah lumayan banyak yang meminjam,” tutupnya. (red)

Related Post