Sejumlah Pedagang Tolak Gunakan Uang Baru

540 views


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bank Indonesia telah meluncurkan mata uang Rupiah terbaru di edisi tahun 2016. Namun masyarakat masih merasakan aneh dengan mata uang tersebut. Bahkan sejumlah Pedagang di Pasar Argosari, Wonosari mangaku masih bingung dengan uang edisi terbaru tersebut saat digunakan sebagai alat transaksi.

Salah satu pedagang di Pasar Argosari, Deni Astusi mengaku, masih bingung dengan tampilnya uang diaksud serta warnanya berbeda dari pecahan sebelumnya. Apalagi saat ini pedagang belum mengetahui informasi tentang penerbitan uang rupiah ini.
“Saat ini kami dan teman-teman masih bingung dengan mata uang edisi yang baru,” katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com, Rabu (21/12/2016).
Dia mengatakan, masyarakat mengetahui adanya penerbitan uang baru tersebut melalaui media masa, akan tetapi belum melihat fisiknya secara jelas. Sehingga banyak pedagang yang tidak mau menerima dan menolak saat disodori uang rupiah edisi terbaru. 
“Sudah ada satu kali pembeli yang membayar dengan uang baru, namun saya takut dan saya tolak karena takut itu uang palsu gitu,” ucapnya.
Sementara itu, salah satu pedagang lainnya, Anik menuturkan, banyaknya keraguan dikalangan masyarakat lantaran belum adanya sosialisasi secara resmi dari pihak BI. Dia pun berharap, Bank Indonesia untuk segera memberikan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat akan tau dan paham tentang edisi uang yang baru.
“Harapan saya ya pihak yang berwewenang segera melakukan sosialisasi tentang edisi uang terbaru ini, agar masyarakat tidak canggung lagi,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post