Sejumlah Siswa Manangis dan Bersembunyi Dikolong Meja Saat Mau Disuntik

345 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –  Dinas Kesehatan Gunungkidul tahun ini kembali mencanangkan program pekan imunisasi yang digelar untuk anak sekolah dasar (SD). Kali ini tim dari puskesmas Wonosari II melakukan imunisasi untuk siswa kelas 1 di SD Wonosari IV, Kamis (25/8/2016).


Pantauan Gunungkidulpost.com menyebutkan, belasan siswa berlari dan menangis bahkan bersembunyi dikolong meja saat petugas akan melakukan suntik imunisasi. Beruntung beberapa guru dan petugas puskesmas mampu mengendalikan rasa takut yang dialami oleh para siswa.

“Saya takut disuntuk, sakit sih, tapi kata pak guru biar sehat,” ungkap Ghina salah satu siswa kelas I, SD Negeri Wonosari IV saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Sementara itu, Salah satu petugas imunisasi Puskesmas Wonoari II, Puji Rahayu mengatakan, tahu 2016 ini pihaknya memberikan imunisasi pada 998 anak di 31 sekolah dasar yang masih duduk dibangku kelas I.

“Imunisasi yang kam berikan adalah imunisasi campak,” jelasnya.

Terpisah Sekertaris Dinas Kesehatan, Dewi Irawaty menuturkan, memang sebagian siswa SD takut dengan jarum suntuk. Namun hal tersebut masih dapat diatasi dengan berbagai cara untuk membujuk anak.

“Anak memang pada takut ketika akan disuntuk dan itu hal yang wajar,” paparnya.

Menurut Dewi, imuniasi tersebut sangatlah peting dilakukan. Salah satu contohnya yaitu untuk menambah daya tahan dan kekebalan tubuh pada anak usia 7 tahun.

“Ini penting dilakukan, untuk memberikan kekebalan dan daya tahan tubuh,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post