Sekolah Dukung Pelaksanaan Vaksinasi

36 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari Sebanyak 20 siswa kelas 1 SD Siraman II Kecamatan Wonosari menerima imunisasi MR.

Selain imunisasi MR, pemerintah juga memberikan vaksin Human Papilloma Virus (HPV) merupakan salah satu upaya proteksi spesifik untuk mencegah kanker serviks yang diberikan untuk siswi kelas 6 SD.

Ironisnya, saat petugas mulai memberikan vaksin terebut diketahui ada beberapa murid yang ketakutan untuk disuntik. Seperti yang tempak terjadi di ruang kelas 1. Bahkan dari puluan siswa ada seorang siswa yang ketakutan hingga bersembunyi dikolong meja.

Hingga membuat guru dan petugas dari Puskesmas Wonosari I berjibaku membujuk siswa tersebut dilakukan vaksinasi.

“Imunisasi MR diberikan bagi kelas I yang berjumlah 20 orang dari total 23 siswa karena yang 3 sedang sakit. Untuk yang HPV yang diberikan khusus bagi kelas 6 khusus yang putri,” kata Kepala Sekolah SD Siraman II, Parni S.Pd.,M.Pd. saat ditemui Gunungkidulpost.com, Kamis (9/8/2018).

Menurut dia, imunisasi diberikan untuk siswa supaya tidak terjangkit penyakit.

Disinggung pengenai pro kontral halal dan haram vaksin MR, pihak sekolah mengaku yakin bahwa pemberian vaksin tersebut halal dan dijamin oleh pemerintah.

“Kami yakin pemberian vaksin ini halah karena pemerintah menjamin tentang pemberian vaksin tersebut. Bahkan kami jauh-jauh hari juga sudah melakukan sosialisasi kepada wali murid tentang rencana pemberian vaksin kepada anak,” ucap Parni.

Sementara itu, salah seorang siswa kelas I SD Siraman II, Yusuf Gina Maulana mengaku meski banyak temanya yang menangis namun ia tidak takut saat disuntik oleh petugas Puskesmas.

“Saya tidak takut dan saat disuntik ternyata tidak sakit hanya kaget saja,” ucap Yusuf.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes), Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka mengatakan imunisasi MR sudah dilaksanakan mulai awal Agustus dan rencananya akan sampai akhir Agustus.

“Sampai dengan hari ini pelaksanaan masih lancar. Belum ada laporan yang spesifik terkait penolakan masyarakat dengan imunisasi bulan ini. Untuk cakupan SD saat ini belum dapat direkap,” kata Priyanta.

Adapun untuk target yang akan dicapai untuk imunisasi MR ada 61.611 siswa kelas 1 SD, yang diharapkan dengan imunisasi itu dapat mencegah penyakit campak dan rubella. Selain MR, Dinkes juga melakukan imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) untuk mencegah terhadap resiko penyakit kanker leher Rahim, adapun yang ditarget sejumlah 4.717 siswa perempuan kelas 6. (Bayu)

Related Post