Selain Untuk Penyedap Rasa, Ternyata Ini Manfaat Penting Dari MSG

128 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – MSG atau penyedap rasa. Ya, pasti anda semua sudah akrab dengan produk ini. Karena tidak dapat dipungkiri, hampir tidak ada satu makanan pun yang tidak dicampur dengan MSG dan produk sejenis lainnya, kecuali makanan-makanan khusus yang penggunaanya terspesifikasi, seperti untuk diet.

Lalu apa saja manfaat dari MSG ini untuk tanaman, berikut ini diantaranya :

1. Menyuburkan tanaman

Manfaat pertama dari MSG untuk tanaman adalah dapat menambah kesuburan pada tanaman. Kandungan atrium yang tinggi yang tekandung pada MSG dapat mempengaruhi tingkat kesuburan suatu tanaman tersebut. Dengan menyiram tanaman menggunakan larutan MSG dengan air secara teratur, maka tingkat kesuburan dari tanaman akan menjadi lebih baik lagi, yang ditandai dengan :

  • Daun yang lebih hijau
  • Daun tanaman yang lebat
  • Tanaman menjadi lebih sehat

2. Mempercepat pertumbuhan tanaman

Manfaat lain dari kandungan natrium yang terkandung pada MSG adalah untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Manfaat MSG untuk tanaman membuat proses pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih cepat, daun menjadi lebih cepat menghijau, dan batang serta tanaman yang menjadi lebih cepat besar.

3. Mempercepat munculnya bunga

Selain dapat mempercepat pertumbuhan dari tanaman, MSG juga dapat mempercepat partumbuhan bunga dari tanaman tersebut. Proses ini diyakini tidak berdampak buruk, karena bunga yang muncul, meskipun tumbuh lebih cepat, namun warna dan bentuk dari bunga yang muncul tidak berubah.

4. Memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman

Tidak hanya manusia dan hewan, tanaman juga sangat membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk dapat hidup. Biasanya nutrisi untuk tanaman diperoleh dari pupuk yang sering kita gunakan. Namun demikian ada kalanya harga pupuk yang kurang bersahabat, sehingga anda cukup menyiramkan larutan MSG. Siramkan air ke tanaman kesayangan agar bisa tumbuh subur dan asupan nutrisinya terpenuhi dengan baik.

5. Tanaman menjadi tidak mudah mati

Dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan oleh tanaman, maka sudah pasti tanaman akan tumbuh dengan subur. Apabila tanaman dapat tumbuh dengan subur dan baik, maka hal ini akan mengurangi resiko matinya tumbuhan kesayangan anda.

6. Menghindari tanaman dari pupuk kimia yang berbahaya

Manfaat MSG untk tanaman lainnya, dapat menghindari tanaman dari kandungan kimia-kimia yang berbahaya, yang terkandung pada pupuk.

7. Meningkatkan kadar air saat musim panas

Natrium yang terkandung pada MSG MSG ini ternyata memiliki manfaat lain, yaitu mencegah terjadinya resistensi air, alias mencegah tanaman mengalami kekurangan air terutama pada saat musim panas atau musim kering. Sudah bukan rahasia umum, hampir seluruh makhluk hidup membutuhkan air, begitu pula dengan tanaman.

MSG membantu mengoptimalkan penyerapan air pada tanaman, terutama pada musim kering.

8. MSG sebagai pupuk tanaman

Selain dapat digunakan larutan antara MSG dan air untuk menyiram tanaman, MSG juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk pengganti berbagai pupuk kimia yang ada di pasaran.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa pupuk tanaman yang menggunakan MSG memiliki tingkat kesuburan dan pertumbuhan yang lebih baik pada minggu ke tiga dan minggu ke empat dibandingkan tanaman yang menggunakan pupuk kimia biasa.

Ternyata hal ini didukung oleh kandungan MSG, yang terdiri dari kandungan senyawa C, H, O, N, dan Na. kelima unsur senyawa yang terkandung dalam MSG ini merupakan lima unsur senyawa yang diperlukan untuk nutrisi dlam perkembangan tanaman. Kelima unsur tersebut, terutama unsur N memiliki manfaat yang baik untuk :

  • Merangsang pertumbuhan bagian tanaman, seperti batang, cabang dan daun
  • Proses pembentukan protein dan lemak, yang dibutuhkan tanaman dalam melakukan proses pertumbuhan

Jangan gunakan MSG pada tanaman buah

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun ternyata ada pantangan yang harus anda taati dalam memanfaatkan MSG untuk tanaman kesayangan anda. perlu diperhatikan bahwa, larutan MSG ini tidak disarankan untuk dipalikasikan pada tanaman buah. Hal ini akan menyebabkan hasil buah – buahan memiliki rasa yang kurang segar, karena tanaman buah membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan tanaman biasa.

Itulah beberapa manfaat MSG pada tanaman, semoga bermanfaat. (Falentina)

Related Post