Selama Bulan Puasa Jam Kerja PNS dan Pelajaran Murid Dikurangi

image

Foto: Doc Gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jam kerja pegawai negeri sipil di lingkungan instansi pemerintah Kabupaten Gunungkidul baik yang menerapkan lima maupun enam hari kerja dikurangi selama bulan Ramadhan 1438 Hijriah.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Gunungkidul (BKPPD), Sigit Purwanto menjelaskan bahwa selama ramadhan jam kerja Pegawai Negeri Sipil mengalami pengurangan. Perubahan tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi umat muslim agar lebih berkonsentrasi dalam menjalankan ibadah puasa.

“Kita sudah memberikan surat edaran ke masing-masing OPD. Yang pasti para PNS yang ada di SKPD masuk seperti biasa namun pulangnya pukul 14.30 WIB,” tutur Sigit kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (28/5/2017).

Menurutnya, pengurangan jam kerja PNS di lingkungan Pemkab Gunungkidul itu sesuai dengan Surat Edaran Bupati tentang seruan Menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Semua surat edaran sudah ditujukan ke semua OPD, semoga semuanya mantaati peraturan yang ada,” ucapnya.

Menurut dia, pengurangan jam kerja PNS di Gunungkidul itu dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan ibadah puasa, sehingga bagi aparatur sipil negara (ASN) yang bergama Islam wajib menunaikan puasa sesuai tuntunan syariat Islam.

“Kemudian memperbanyak amalan-amalan keutamaan bulan Ramadhan dengan dilandasi iman dan takwa serta semangat pengabdian yang tinggi, sebagai cermin akhlaqulkarimah,” bebernya.

Ia mengatakan, sedangkan ASN di lingkungan Pemkab Gunungkidul yang beragama lain atau nonmuslim agar menjaga atau memelihara semangat toleransi dan kerukunan hidup antarumat beragama dan tidak menampakkan makan, minum dan merokok di siang hari.

“Selama bulan Ramadhan semua kegiatan olahraga pegawai pada Jumat ditiadakan. Namun sekali lagi yang dikurangi adalah jam istirahat PNS sehingga pelayanan masyarakat tetap dilaksanakan seperti biasa,” ungkap Sigit.

Terpisah, Sekretaris Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rosyid menambahkan, pihak sudah memberikan surat pemberitahuan kepada seluruh sekolah yang bernaung dibawah Disdikpora.
Pemotongan jam kerja untuk masing-masing sekolah baik SD, SMP, maupum SMA/SMK adalah sebanyak 10 menit untuk setiap mata pelajaran, sehingga untuk pulangnya juga akan lebih awal dibandingkan pada jam kerja biasanya

“Kami sudah informasikan kepada semua sekolah di Gunungkidul bahwa setiap mata pelajaran dikurangi 10 menit, sehingga KBM pulang lebih awal tidak perlu berlembur-lembur di sekolah,” pungkas Bahron. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post