Selama Libur Lebaran, Dinas Mentargetkan 250.000 Wisatawan Masuk Ke Gunungkidul

image

Foto: Dok Gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Selama masa libur lebaran, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul telah menargetkan sebanyak 250.000 pengunjung dengan nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 2 miliar.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, dinas sudah mematok target untuk masa libur lebaran di tahun ini. Menurut dia, dinas telah mentargetkan sebanyak 250.000 wisatawan yang masuk ke sejumlah obyek yang berada di Gunungkidul.

“Kami mentargetkan 250.000 pengunjung dengan nilai Pendapatan Asli Daerah [PAD] sebesar Rp2 miliar. Target ini diyakini lantaran diprediksi jumlah pemudik akan mengalami peningkatan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin  (19/6/2017).

Menurut dia, target selama libur lebaran merupakan hal yang realistis. Ia pun optimistis dapat mencapai target tersebut. Untuk itu, berbagai persiapan dilakukan, salah satunya menyediakan akses yang baik bagi para wisatawan. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman saat melakukan kunjungan.

“Tujuannya untuk memberikan rasa aman, jadi kami terus melakukan koordinasi lintas sektoral dengan harapan peningkatan jumlah pengunjung tidak menimbulkan kemacetan sehingga dapat mengurangi kenyamanan wisatawan,” ujarnya.

Dia menambahkan, guna mengurai kemacetan, khususnya di kawasaan pantai, pihaknya menggandeng pihak Dinas Perhubungan dan Polres Gunungkidul dengan jalan melakukan rekayasa arus lalulintas.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha dan Pemasaran, Dinas Pariwisata Gunungkidul Yuni Hartini mengatakan, untuk mencapai target kunjungan wisatawan selama libur lebaran, pihaknya sudah menyiapkan berbagai acara. Salah satunya menyediakan atraksi dan pentasi seni budaya.

Menurut dia, selama libur lebaran mulai Selasa (27/6) hingga Minggu (27) akan digelar atraksi seni budaya di beberapa destinasi wisata secara bergantian. Lokasi wisata tersebut di antaranya Sri Getuk, Desa Bleberan, Playen; cave tubing Kalisuci di Desa Pacarejo, Semanu hingga kawasan Pantai Ngobaran, Kanigoro, Saptosari.

“Semua sudah dijadwalkan dan mudah-mudahan atraksi ini dapat menarik minat para wisatawan,” ucap Yuni. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post