Semarak Hari Jadi, Berbagai Kesenian Dipamerkan

130 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pameran kerajinan, kuliner dan pentas panggung kesenian dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Gunungkidul ke 188 dengan tema Sempulur Tumangkar Ngremboko Lestari resmi dibuka, Selasa,(18/6/2019).

Dalam event ini,18 potensi seni budaya dari 18 Kecamatan di Gunungkidul akan ditampilkan. Selain itu kegiatan ini juga diikuti potensi seni dari empat Kabupaten yakni Bantul, DIY,Sleman dan Kulon Progo.

Ketua pemyelenggara,Agus Kamtono menyampaikan, pemeran kerajian dan gelar seni budaya akan digelar hingga 22 Juni 2019. Kegiatan akan ada setiap hari dari pukul 15.00 s/d 23.00 WIB.

“Event digelar untuk mengembangkan dan melestarikan serta memberikan ruang waktu untuk para pelaku seni,” terangnya.

Selain itu, lanjut Agus juga untuk melundunggi dan melestarikan budaya serta menangkal seni budaya manca negara yang tidak sesuai dengan kultur budaya kita.

Dikatakan Agus, selain banyak pertunjukan seni budaya, juga akan ada juga event pemecahan rekor muri memakan bakmie jawa sebantak 5500 gratis. Hal ini dilakukan sebagai bentuk promosi masakan kas Gunungkidul.

“Penutupan besok akan ada pementasan wayang kulit dengan dalang Agung Dr.Yanto SH MH asli dari Semin, Gunungkidul,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Hj.Badingah S.Sos menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi para pengiat seni dan budaya yang mengikuti event ini.

“Kami siap mendukung sebagai wujud keistimewaan DIY dan untuk memperkuat rasa cinta terhadap budaya di Gunungkidul,”tegasnya.

Pembukaan gelar seni budaya, kerajinan dan kuliner di tandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati dan Forkompinda di ikuti seluruh tamu undangan yang telah di sediakan kentongan.

Selanjutnya, acara dilanjutkan pementasan musik kolosal dengan judul Gunungkidul Jaya dan tinjauan stand pameran oleh Bupati. (Santi)

Related Post