Semarak Kirab Budaya Gunungkidul Ribuan Seniman Lokal Dilibatkan

175 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Semarak kirab gelar budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupeten Gunungkidul yang ke -188 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan berlangsung meriah.

Dalam acara tersebut diikuti sebanyak 18 kelompok seni dari tiap Kecamatan yang ada di Gunungkidul.

Selain itu turut memeriahkan pula kelompok kesenian dari Kodya Yogyakarta, Bantul, Sleman, dan Kulonprogo yang masing-masing menampilkan potensi seni, tradisi dan juga kebudayaan dari daerahnya masing-masing.

Agus Kamtono, selaku Kepala Dinas Kabupeten Gunungkidul, mengatakan tujuan dari diadakannya kirab budaya tersebut adalah untuk melestarikan seni dan tradisi serta kebudayaan yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Dia berharap dengan diadakannya gelar budaya ini akan memicu perkembangan seni budaya yang ada di Kabupeten Gunungkidul, dan masyarakat Gunungkidul dapat mengetahui bahwa Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak kesenian dan kebudayaan yang perlu dilestarikan.

“Oleh karena itu untuk mengembangkan kreatifitas seni dan budaya di Kabupaten Gunungkidul, kita juga mengundang kelompok seni dari Kabupeten lain yang ada di DIY,” katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Dari tampilan masing-masing Kecamatan dan kelompok seni di kabupaten lain, dapat dilihat seberapa besar kreatifitas dan potensinya dalam seni dan budaya yang ada.

“Pada acara kirab gelar budaya ini kita bisa saling melihat kelebihan tampilan kabupaten lain untuk menjadi inspirasi bagi seni dan budaya yang ada di Gunungkidul,” ujarnya.

Sementara itu, salah sorang penkerja seni di Gunungkidul Lukas mengapresiasi kirab budaya yang diselenggarakan sebagai event tahunan.

“Sangat kami dukung dan ini kesemapatan kelompok kesenian untuk unjuk kebolehan,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan menjamurnya potensi dan kelompok seni yang ada di Kabupaten Gunungkidul semakin menambah kekayaan budaya maupun kearifan lokal yang ada di bumi Handayani.

“Mudah-mudahan dengan banyaknya kreasi seni mampu memotivasi para pekerja seni yang ada,” tutup Lukas. (Falentina)

Related Post