Semarak Pengibaran Bendera Di Tengah Samudra

164 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Tim Search And Rescue (SAR) Gunung Kidul bersama warga dan para wisatawan menggelar upacara bendera di laut sekitar Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari, untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat, (17/8/2018).

Setelah detik-detik proklamasi dibacakan, dilanjutkan dengan pengibaran bendera di laut diikuti ratusan peserta lainnya yang berenang dibelakangnya sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dengan menggunakan pelampung, ratusan peserta berenang menerjang gelombang.

Bahkan, sebagian kecil ada yang terbawa gelombang ke pinggir, dan harus kembali berenang. Namun tiga orang petugas pengibar bendera akhirnya bisa menembus ganasnya ombak.

Setelah bendera berhasil dikibarkan, dengan lantang para peserta upacara meneriakan MERDEKA.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono mengatakan, upacara diikuti sekitar 800 peserta. Untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan perahu dan jetsky telah disiapkan disekitar lokasi pengibaran bendera.

“Upacara ini dilaksanakan yang ke 6 kalinya,”kata Marjono.

Marjono mengatakan, selain untuk memperingati HUT, ini merupakan upaya untuk mengajak wisatawan kembali berwisata ke laut selatan pasca gelombang tinggi akhir Juli 2018 lalu.

Menurut dia, upacara ditengah laut membuktikan samudra Hindia saat ini sudah aman dikunjungi pasca gelombang tinggi lalu.

“Alhamdulillah kemarin gelombang tinggi namun pada saat detik proklamasi gelombang bersahabat,” ujarnya. (Santi)

Related Post