Sempat Anjlok, Harga Bawang Merah Berangsur Normal

20 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Harga komoditi bawang dipasaran telah berangsur stabil setelah mengalami anjlok karena panen raya di sejumlah wilayah pada beberapa minggu berlalu.

Pantauan Gunungkidulpost.com, Senin (5/11/2018) harga terbaru bawang merah yakni Rp 20.000 per kilogram dari sebelumnya anjlok hingga Rp 12.000 per kilogram.

Kepala Seksi Distribusi Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Gunungkidul, Sigit Haryanto mengatakan turunnya harga bawang merah beberapa waktu lalu, karena stok dari petani sangat banyak, sehingga harga menjadi rendah.

“Saat ini berangsur normal, dari harga sebelumnya yang sangat rendah,” kata Sigit.

Dikatakannya harga yang sangat rendah beberapa waktu lalu, memaksa para petani harus mengakali, dengan tidak langsung menjual seluruhnya bawang merah tersebut.

“Biasanya para petani menyimpan terlebih dahulu,” ucapnya.

Sementara untuk harga bawang putih hingga saat ini cenderung stabil. Sementara cabai merah keriting dari minggu sebelumnya turun Rp4.000/kg dari Rp28.000/kg menjadi Rp24.000/kg.

Begitupula dengan cabai rawit hijau mengalami penurunan harga dari minggu lalu Rp23.000/kg menjadi Rp20.000/kg. Cabai rawit merah turun Rp3.000/kg, dari Rp30.000/kg menjadi Rp28.000/kg.

Salah satu pedagang di Pasar Argosari, Wonosari, Haryanti mengatakan harga bawang merah yang sempat anjlok kini sudah mulai merangkak naik ke harga normal.

“Beberapa waktu yang lalu sempat menginjak di harga Rp10.000/kg,” jelasnya. (Heri)

Related Post