Sempat Berjibaku, Sapi 1,1 Ton Milik Presiden Dipotong Warga Mulusan

220 views

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Warga Dusun Watu Gilang B Desa Mulusan, Paliyan, Gunungkidul bergotong-royong untuk merobohkan sapi sumbangan dari Presiden Joko Widodo.

Setidaknya butuh tenaga 20 orang warga untuk merobohkan sapi seberat 1,1 ton itu.

“Tadi sempat gagal (merobohkan sapi). Kesulitannya sapinya gerak terus,” ujar Takmir Masjid Masjid Nurma’Unah, Sumarno, Minggu (11/08/2019).

Warga juga harus mengunakan bambu untuk membantu merobohkan sapi.

“Karena besar dan kuat, tadi kira-kira ada 20 orang yang ikut merobohkan. Tadi juga tambangnya harus diikat dengan kencang supaya lebih kuat,” katanya.

Menurut dia, Perayaan Idul Adha tahun ini pihaknya menyembelih sebanyak 5 sapi satu diantaranya bantuan dari Presiden RI Joko Widodo. Sedangkan untuk kambing sebanyak 21 ekor.

Meski para petugas kerepotan merobohkan sapi dari presiden yang beratnya mencapai 1,1 ton namun berkat kerjasama dan kegotongroyongan warga akhirnya sapi tersebut mampu disebelih.

“Tadi sempat kualahan karena sapi sangat besar dan kami hanya menggunakan alat seadanya. Tapi beruntung meski memakan waktu lama sapi ini akhirnya bisa ditumbangkan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah saat menyaksikan proses penyembelihan sapi dari Jokowi menuturkan, kesadaran masyarakat untuk berkorban diwilayah Gunungkidul semakin tinggi terbukti banyak hewan kurban di tahun ini meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya.

“Ini merupakan wujud dari kesadaran masyarakat untuk berkorban,” ujarnya.

Badingah berharap, daging kurban ini bisa dibagikan kepada seluruh warga sehingga dapat merata.

“Kami harap daging korban ini dapat dibagi secara merata dan mampu membantu umat yang kurang mampu,” tutup Badingah.

Usai disebelih, warga bersama-sama memotong daging. Setelah di potong-potong, daging sapi sumbangan Jokowi ini dibagikan lebih dari 250 warga. (Bayu)

Related Post