Sempat Marak Kasus Curanmor, Polisi Akhirnya Tangkap 11 Pelaku

179 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Wonosari – Beberapa waktu lalu, banyak terjadi kasus pencurian kendaraan bermotor di wilayah Gunungkidul. Polres Gunungkidul mencatat, selama bulan Agustus 2019 kasus pencurian sepeda motor terjadi 9 kali dan 5 kasus diantarnya telah terungkap.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady menyampaikan, ada 11 orang pelaku berhasil ditangkap, 8 diantaranya dewasa dan 3 masih dibawah umur.

“Dari hasil pengembangan, para pelaku tidak hanya beroperasi di Gunungkidul namun juga diketahui mereka melancarkan aksinya di luar provinsi DIY yakni Sleman, Klaten, dan Wonogiri, ” beber Kapolres.

Ahmad Fuady menuturkan, kasus pertama yang berhasil diungkap yakni kasus pencurian yang terjadi di Kecamatan Nglipar pada 28 Juli 2019 lalu. Dalam kasus tersebut,sepeda motor jenis Yamaha Vega R dengan nomor polisi AD 6421 GL yang diparkirkan di depan rumah raib digondol maling.

“Setelah melakunan penyelidikan, tim berhasil menangkap tiga orang pelaku diantarnya HS (20) warga Ngawen, YL (17) dan BG (17)warga Sumsel,” terangnya.

Untuk barang bukti sendiri, para pelaku mengaku telah menjualnya ke wilayah Boyolali. Uang hasil penjualan tersebut mereka gunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara.

Selanjutnya, kasus kedua yang berhasil diungkap yakni kasus pencurian sepeda motor yang terjadi di wilayah Ponjong pada 13 Agustus 2019 lalu. Kali ini, para pelaku melakukan aksinya dengan modus mencongkel jendela rumah dan menggambil sepeda motor Suzuki Smash L 3976 XB yang terparkir di dalam rumah.

“Dalam kasus ini, petugas berhasil mengamankan seorang lelaki AW (31) yang merupakan warga Semin yang menjual motor Honda Beat, yang ternyata itu motor hasil curian di Kabupaten Wonogiri,” kata Fuady.

Setelah diperiksa, yang bersangkutan ternyata melakukan pencurian Suzuki Smash di wilayah Ponjong. Dalam aksinya dia tidak sendiri melakinkan bersama rekannya HS (51) warga Ngawen.

Kasus ketiga, Polres Gunungkidul juga berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor Honda Vario AB 3751 OW yang terjadi Jumat (16/08/2019) yang hilang saat saat diparkir di masjid. Dalam kasus tersebut 4 orang pria berhasil diamankan diantaranya WS (26) dan WN (30) warga Semanu dan HP (28) warga Caturtunggal, Sleman dan RD (21) warga Klaten.

Kasus keempat,yang berhasil diungkap yakni pencurian di wilayah Nglipar pada 23 Agustus 2019 lalu. Dalam kasus ini sepeda motor Yamaha ZR milik penjual sayur raib digondol maling yakni MA (24) warga Nglipar dan LK (32) warga Ngemplak, Sleman.

Satu kasus lagi yang berhasil diungkap adalah kasus pencurian sepeda motor di Playen. Dalam kasus ini, polisi tidan tidak bisa menyampaikan secara detail karena pelaku masih dibawah umur.

Atas beberapa kasus pencurian yang terjadi, Kapolres menghimbau agar masyarakat selalu waspada dalam menjaga barang berharga miliknya.

“Khusunya sepeda motor, pastikan kendaraan diparkirkan ditempat yang aman dan berikan kunci pengaman,” pesannya. (Santi)

Related Post