Semua Obyek Wisata Akan Dikenakan Pajak Retribusi

160 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Sejumlah objek wisata di Gunungkidul yang sebelumnya belum dikenakan retribusi, mulai Selasa (1/1) dikenakan retribusi.

Adapun sejumlah objek wisata tersebut Pantai Timang di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, lalu Pantai Gesing di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang yang dikenakan retribusi Rp5.000 termasuk jasa asuransi.

Selain kedua pantai tersebut, objek wisata dikawasan utara Gunungkidul yaitu di objek wisata Wonosadi, di Desa Beji, Kecamatan Ngawen dan wisata Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul atau biasa disebut dengan 4G di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari juga mulai diberlakukan retribusi Rp3.000 termasuk retribusi.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Hary Sukmono mengungkapkan penarikan retribusi merupakan tindak lanjut dari Peraturan Daerah (Perda) dan berdasarkan Undang-Undang Nomor 28/2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

“Dengan diberlakukannya retribusi pemerintah memiliki kewajiban memberikan fasilitas. Terkait objek wisata yang belum dikenakan retribusi sangat mungkin dilakukan pungutan karena merupakan amanat Undang Undang, dan selama sudah siap memberi pelayanan lebih pastinya,” ujar Hary, Selasa (1/1/2019).

Menurut Hary, penarikan retribusi tersebut nantinya akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Target PAD untuk pariwisata sendiri dikatakan Hary pada 2019 sekitar Rp28 Miliar.

“Kami cukup optimis untuk mencapai target PAD tersebut,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Pengelola harian wisata 4G, Subadri mengungkapkan telah menerima informasi terkait rencana penarikan retribusi, pihaknya pun berharap retribusi nanti ada peningkatan di wisata 4G.

“Harapannya dalam sosialisasi nanti dapat baik komunikasinya, sehingga tidak ada kecemburuan,” ujar Subadri.(G1)

Related Post