Sengketa Bacaleg Berhasil Dimediasi

234 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berhasil memediasi sengketa terkait Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2019 mendatang.

Komisioner bidang penanganan pelanggaran, Bawaslu Gunungkidul ,Sudarmanto mengatakan pihaknya mengaku senetral mungkin dan berhasil menangani dengan benar dan menyelsaikan dengan mediasi.

“Dari hasil mediasi dua Bacaleg dinyatakan memenuhi syarat dan nantinya KPU Gunungkidul [Komisi Pemilihan Umum] akan memasukan yang bersangkutan ke Daftar Calon Sementara [DCS],” kata Sudarmanto, Jumat (24/8/2018).

Sudarmanto menjelaskan bahwa kedua Bacaleg yang dicoret tersebut yang pertama atas nama Waluyo, yang pernah terindikasi mantan napi pidana umum penipuan dan setelah dicek ternyata melanggar UU Nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

“Ia dinyatakan sudah memuat kliping di media,” paparnya.

Sementara itu satu lagi Bacaleg yang akhirnya dinyatakan memenuhi syarat yaitu Andi Supriyono. Andi sebelumnya hingga batas akhir pendaftaran mengumpulkan KTP yang bukan elektronik, namun sebenarnya ia memiliki dan dinyatakan memenuhi syarat.

Atas putusan dari mediasi tersebut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Hanura Gunungkidul, Supar Sarwo Putro menyambut baik putusan dan akan mempersiapkan sebaik mungkin untuk kontestasi Pemilu 2019 mendatang.

“Saya puas dengan kinerja KPU dan Bawaslu apa yang menjadi permohoan bisa diapresiasi dengan baik,” bebernya. (Bayu)

Related Post