Sepak Bola Api Jadi Ajang Ratusan Santri Sambut Lebaran

24 views

Gunungkidulpost.com – Patuk – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, salah satu tradisi unik dipertunjukkan oleh para santri saat malam hari di Pesantren Al Mumtaz, Patuk, Gunungkidul.

Kegiatan tersebut diantaranya adalah bermain sepak bola api. Tak hanya keseruan bermain sepak bola, tetapi diharapkan bisa belajar mengelola api didalam diri masing-masing santri.

Berbekal rest area pesantren, yang disulap menjadi lapangan sepak bola mini berukuran 4×6 meter, para santri sangat atusias melakukan permainan tersebut.

Untuk peserta tingkat Madrasah Ibtidaiyah atau setingkat Sekolah Dasar, masing-masing tim ada 7 orang. Tingkat SMP atau mandrasah tsanawiyah masing-masing tim 5 orang. Tak hanya santri laki-laki, namun juga santri wanita ikut serta, mereka terbagi 9 orang untuk setiap timnya.

Keseruan saat bermain sepak bola api, dipinggir lapangan ratusan santri berteriak mendukung tim andalan mereka.

“Awalnya sih takut, dan setelah mencoba ternyata tidak panas,” kata Siswa kelas 5 MI, Syaifullah Raihan Zafar Jumat (8/6/2018) malam.

Sementara itu salah seorang santriwati, Siti Fatimah, mengatakan, serunya bermain bola api. Meski baru pertama kali dirinya tidak takut.

“Ini sangat menarik dan menguji kemampuan masih-masing pemain,” paparnya.

Pengasuh pondok Pesantren Al Mumtaz, Mohamad Khoeron Marzuki mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan bulan Ramadan di pondok pesantren. Diaharapkan dengan sepak bola api bisa mengelola rasa takut yang ada dalam diri sendiri.

“Sepak bola api ini bagian dari riadon santri. Bagaimana kita bisa mengelola api baik dri luar yang kita lihat, tetapi sebenarnya jauh lebih dalam api yang didalam diri kita sendiri yang dikelola agar kita ini bisa seimbang dengan alam,” tutupnya. (G1)

Related Post