Seringnya Temuan Benda Purbakala, Gunungkidul Perlu Dibangun Museum

330 views
image

(Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Rongkop –
Sejumlah penemuan benda Purbakala belum memiliki tempat penyimpanan yang memadai. Seperti Penemuan fosil flora dan fauna purba beberapa waktu lalu di Gua Braholo, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Gunungkidul perlu difasilitasi dengan dibuatkan museum purbakala.

Harus adanya fasilitas yang memadai untuk hasil temuan dari Gua Braholo. Terlebih temuan-temuan seperti itu sangatlah penting dan akan menjadi temuan tingkat nasional, sehingga fasilitas seperti museum purbakala patut untuk dibangun khusus.

“Sangat baiknya jika dapat dibangun dan dilengkapi fasilitas di Gua Braholo, dengan begitu, keberadaan situs menjadi situs cagar budaya dapat memiliki nilai pendidikan dan membawa kesejahteraan untuk masyarakat,” kata Peneliti dari Pusat Arekologi Thomas Sutikna,” Rabu (25/10/2017).

Menurutnya, selama ini benda-benda purbakala yang ditemukan di situs Gua Braholo belum memiliki tempat khusus. Sejumlah temuan benda selalu dikirimkan ke museum yang ada di daerah lain seperti museum purbakala di Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

“Tim peneliti yang melakukan ekskavasi di Gua Braholo mengirimkan benda-benda purbakala hasil temuan ke Punung, Kabupaten Pacitan untuk dianalisis di laboratorium, karena tidak ada tempat representatif di sini,” ujar Thomas.

Hal itu menurutnya sangat disayangkan karena tidak dapat dimanfaatkan oleh warga Gunungkidul secara langsung. Dia berharap, benda-benda purbakala temuan arekolog dapat disimpan di museum yang ada di Gunungkidul, sehingga dinikmati oleh pengunjung dan masyarakat sekitar.

Selain itu pihaknya juga berharap pemerintah juga dapat membangun situs Gua Braholo untuk mendukung keperluan penelitian arkeologi.

Sementara itu, Kepala Seksi Warisan Budaya Dinas Kebudayaan DIY, Ruly Adriadi, mengatakan, rencana untuk pembangunan museum di situs Gua Braholo di Gunungkidul memang telah ada. Namun, upaya tersebut masih menunggu kajian dari pemerintah.

“Dilihat penetapan status Gua Braholo menjadi situs cagar budaya peringkat Nasional, sehingga nantinya mendapat dukungan dari pemerintah,” katanya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post