Setelah Baron, Penataan Pantai Selatan Menyasar Kukup Dan Krakal

192 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Pemkab Gunungkidul menegaskan program penataan kawasan pantai bakal dilakukan secara menyeluruh dan bertahap.

Penataan Pantai Baron yang telah diujung tanduk, segera disusul kawasan pantai selatan lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Drajad Ruswandono, mengatakan penataan Pantai Baron segera dilaksanakan tahun ini. Namun demikian untuk penataan secara keseluruhan Pemkab sudah menyiapkan program di pantai yang lain.

Menurut dia setelah penataan di Baron beres, penataan akan menyasar Pantai Krakal dan Kukup.

“Sudah ada dan nanti tinggal pelaksanaan, apakah Krakal dulu atau Kukup,” katanya, Minggu (20/1/2019).

Drajad menuturkan, penataan di kawasan pantai akan dilakukan di seluruh wilayah sehingga tidak ada kesan tebang pilih. Namun penataan dilaksanakan secara bertahap karena kemampuan anggaran Pemkab yang sangat terbatas.

“Tidak mungkin bareng karena butuh anggaran cukup besar,” paparnya.

Untuk penataan di Pantai Baron meliputi pembuatan tempat parkir, pembangunan instalasi limbah hingga penataan lapak berjualan pedagang.

Menurut dia, pada prosesnya pembangunan kawasan akan dilakukan secara bertahap sehingga aktivitas baik nelayan maupun pedagang tidak terganggu.

“Teknisnya dibangun per bagian. Misalnya kami selesaikan sisi barat dulu, setelah selesai dilanjutkan ke sisi yang lain,” paparnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan pada 2018 jajarannya menyelesaikan DED untuk kawasan Pantai Kukup. Menurut dia penyusunan ini bagian dari rencana penataan kawasan pantai oleh Pemkab.

“Sudah kami susun dan nanti dijadikan dasar penataan di Kukup,” tutupnya. (Santi)

Related Post