Setiap Tahun, Tren Laka Laut Semakin Naik!

image

Foto: Dok SAR Sat Linmas Wilayah ll

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Angka kecelakaan laut di Gunungkidul masih tinggi. Dari data SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul menyebutkan pada tahun 2015, terdapat 87 kasus. Sedangkan  tahun 2016, terdapat 78 kasus.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono, mengatakan, jumlah kasus sebanyak 87 kasus pada 2015, terdapat 696 korban, meninggal 10 orang dan hilang satu orang, sisanya selamat.

Sementara tahun 2016, 78 kasus dengan 118 korban, meninggal sebanyak tiga korban jiwa, hilang satu korban. Untuk tahun 2017 ini, dari 35 kejadian terdapat 37 korban , sebanyak satu korban dinyatakan meninggal.

“Masih tinggi, dan terus meningkat. Untuk itu kita lakukan berbagai upaya agar kasus ini dapat ditekan,” ujar Marjono, Senin (28/8/2017).

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto, mengatakan, tingginya kasus laka laut ini disebabkan oleh wisatawan kerap tak mengindahkan himbauan petugas untuk tidak mandi di laut, dan bermain di sekitar area palung. Sehingga laka laut menjadi tak terhindarkan.

Pihaknya sudah memasang rambu peringatan di sekitar pantai agar tak mendekati daerah yang berbahaya tersebut. Namun papan tersebut hanya tulisan yang tak digubris wisatawan.

“Kami sudah tidak segan-segan selalu mengingatkan untuk selalu berhati-hati namun wisatawan selalu tidak menghiraukan larangan dan rambu yang ada disepanjang pantai,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post