Siap-Siap Bulan Ini Dana Desa Cair

299 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Memasuki bulan Februari 2018 ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menargetkan dana desa termin pertama untuk dapat dicairkan.

Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul akan segera koordinasi dengan Badan Keuangan Aset Daerah Gunungkidul mengenai proses pencairan dana desa termin pertama.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, DP3AKBPMD Gunungkidul, Subiantoro mengatakan, untuk tahun ini pencairan dana desa mengalami perubahan.

Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan No.226/PMK.07/2017 tentang Perubahan Rincian Dana Desa 2018. Di dalam aturan tersebut terdapat dua aturan penting. Pertama menyangkut masalah pencairan dana yang awalnya dicairkan dalam dua termin menjadi tiga termin.

“Memang ada perubahan rincian dan itu sudah diatur dalam Permen Keuangan,” katanya kepada Wartawan, Jumat (9/2/2018).

Dia menjelaskan, untuk pencairan dana desa terbagi dalam tiga termin, Pemkab sudah menargetkan pada Februari ini termin pertama sebesar 20% dari total anggaran Rp117 miliar sudah dapat dicairkan.

Guna mempercepat proses itu, DP3AKBPMD terus melakukan komunikasi dengan BKAD dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gunungkidul.

“Akan kami usahakan Februari bisa cair. Dan kami akan segera melengkapi segala persyaratan yang dibutuhkan dalam pencairan,” jelas Subiantoro.

Sementara itu, Kepala Desa Ngalang Kaderi berharap, Pemkab segera mencaikan dana desa termin pertama fi tahun 2018. Hal itu mengingat, kebutuhan desa yang sangat mendesak.

“Harapan kami semoga proses pencairan dana desa lebih dipercepat mengingat kebutuhan desa di awal 2018 ini juga banyak,” tutup Kaderi. (Bayu)

Related Post