Siap-siap Obyek Wisata Jadi Lautan Sampah

11 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Minimnya kesadaran bagi wisatawan dalam hal membuang sampah menjadi catatan tersendiri bagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul.

Dikawatirkan pada momen libur lebaran nanti masalah klasik sampah berserakan disejumlah obyek wisata terus terulang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan saat puncak liburan, seperti libur jelang lebaran nanti, petugas kebersihan biasanya akan bekerja ekstra. Lantaran persoalan sampah akan menjadi perhatian khusus.

“Untuk petugas kebersihan terutama di kawasan pantai yang menjadi kunjungan banyak wisatawan bisa dibilang tidak libur, memang minim juga petugas kebersihan di kawasan pantai hanya ada 24, sangat kurang sebenarnya. Namun cukup tertolong dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),” ujarnya kepada wartawan, Selasa (5/6/2018).

Dia mengatakan untuk mengatasi permasalahan sampah harus didukung kesadaran wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Fasilitas tempat sampah hanya menjadi pemicu agar masyarakat sadar,” paparnya.

Mengubah perilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah atau mengurangi penggunaan bahan yang membuat sampah berlebihan memang perlu proses. Agus mengatakan setidaknya wisatawan yang datang ke Gunungkidul menghasilkan 0,7kg sampah, hal tersebut seharusnya dapat dikurangi dari tahun ke tahun.

“Tidak hanya permasalahan sampah wisatawan, dari masyarakat kami sendiri memang harus ada pembinaan terus menerus agar dapat mengelola sampah hingga akhirnya bernilai. Kalau perlu dari kami akan memberi pembinaan ke tingkat RT,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar), Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan untuk antisipasi banyaknya wisatawan dan antisipasi sampah menumpuk sudah berkordinasi dengan DLH dan Pokdarwis.

“Diprediksi pengunjung akan meluap dan wisata pantai masih jadi tujuan utama,” tutupnya. (Bayu)

Related Post