Siap-siap PBB Akan Naik 10 Persen!!

355 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul telah melakukan sosialisasi kenaikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada seluruh perangkat di 144 Desa se-Gunungkidul.

Kepala Bidang Pelayanan dan Penagihan BKAD Gunungkidul Marwoto Agus Basuki membenarkan adanya kebijakan terhadap kenaikan PBB. Hanya saja, menurut dia, kenaikan tersebut lebih kepada bentuk penyesuaian dengan harga tanah di pasaran. Menurutnya PBB akan dinaikkan hingga 10%.

“Ini lebih ke penyesuaian karena saat sekarang banyak PBB yang Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang masih di bawah harga pasaran. Jadi dengan kenaikan itu, kami ingin mendekatkan nilai pajak sesuai dengan harga pasar,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (6/3/2017).

Menurut dia, kebijakan itu juga sebagai bentuk rasa keadilan. Sebab selama ini penetapan pajak masih belum mencerminkan hal tersebut sehingga perlu dilakukan penyesuaian.

“Nilai tanah tahun lalu dengan harga NJOP Rp7.000 per meter persegi. Jika melihat kenyataan di lapangan, saya kira harga itu sudah tidak ada lagi sehingga butuh dilakukan pembenahan,” bebernya.

Pihaknya berharap, semua perangkat desa untuk segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui pemerintahan desa masing-masing. Sehingga masyarakat luas akan paham mengenai kenaikan PBB nanti.

“Kami himbau supaya perangkat desa segera memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang kenaikan pajak bumi dan bangunan,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post