Siap-Siap Polisi Akan Awasi Penggunaan Dana Desa

243 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Adanya nota kerjasama antara pihak kepolisian dengan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta Kementrian Dalam Negeri, kini Polisi ikut pengawasan penggunaan dana desa.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Arif Sugiarto mengatakan, pihaknya akan turut aktif melakukan pengawasan untuk mencegah adanya penyalahgunaan dana desa.

“Pengawasan ini adalah satu di antara enam butir poin nota kesepemahaman yang telah disepakati,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (2/11/2017).

Secara teknisnya pengawasan yang dilakukan nantinya akan berkolaborasi dengan pihak lain yang selama ini telah terlibat dalam pengelolaan dana desa.
Dan melalui Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang ada di setiap desa akan didorong untuk bersinergi dengan kepala desa.

“Nanti akan dibuat pendoman yang simpel. Misalnya desa melakukan pembangunan jalan dengan dana desa, nanti polisi mengawasi apakah benar jalan itu dibangun atau tidak,” ujarnya.

Dengan demikian, terjadinya pembangunan fiktif di desa akan dapat diminimalisir. Pihaknya juga mendorong desa segera mewujudkan program yang sudah direncanakan sehingga program bisa berjalan dengan baik.

Dengan adanya pengawasan yang dilakukan diharapkan bisa mencegah pelanggaran hukum yang ada di desa.

“Harapan kami jangan sampai seperti di daerah lain ada kepala desa yang bermasalah dengan hukum,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post