Sibuk Kampanye, Banyak Anggota Dewan Yang Mangkir

145 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pelaksanaan Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul pada Senin (11/3) tak sesuai harapan.

Hampir separuh anggota Dewan tak menghadiri rapat paripurna pembahasan 3 Raperda pada hari Rabu (11/3/2019).

Hal tersebut diduga lantaran sibuk kampanye untuk pemilu 2019.

Ketua DPRD Gunungkidul Demas Kursiswanto mengatakan, rapat Paripurna dihadiri sebanyak 27 orang dari total 45 anggota dewan.

Ia mengatakan kemungkinan yang tidak hadir pada rapat paripurna kali ini sibuk berkampanye karena tahun ini adalah tahun politik.

“Kemungkinan mereka tidak hadir karena membagi jadwal dengan kampanye,” imbuhnya.

Pihaknya telah memberikan undangan kepada setiap anggota dewan, setiap kegiatan ada Badan Musyawarah (Banmus) dan penjadwalan sudah dilakukan selama beberapa bulan sampai Banmus selesai.

“Jadi jadwal kegiatan sudah ada, mereka sebagai wakil rakyat harusnya mengikuti berbagai proses kegiatan ini, mengikuti pembahasan-pembahasan yang berlangsung,” ujarnya.

Ia menambahkan seharusnya anggota dewan mempunyai tanggung jawab yang harus dipenuhi.

Sekretaris Dewan, Agus Hartadi mengatakan, setiap agenda yang diselenggarakan DPRD Gunungkidul pasti ada undangan tertulis dan dikirim langsung kepada yang bersangkutan.

“Kita sekretariat tidak bisa memaksa, di internal dewan ada yang namanya Badan Kehormatan (BK) yang tugasnya memotivasi anggota dewan untuk berangkat hingga pemberian sanksi,” ujarnya.

Dirinya menambahkan tugas sekretariat hanya mencatat apakah sudah forum atau belum kalau sudah memenuhi forum bisa dilanjutkan jika tidak maka kegiatan akan ditunda.

Menurut dia, jika dalam rapat paripurna penyampaian nota maka forum minimal separuh plus satu sedangkan untuk penetapan harus ada dua pertiga dari jumlah anggota dewan.

“Kegiatan seperti Paripurna jika tidak memenuhi forum maka ditunda bisa ditunda beberapa menit, kemudian ditunda lagi sekian kali. Kali ini sudah forum yaitu minimal separuh anggota dewan plus satu,” paparnya. (Bayu)

Related Post