Sidak Makanan Konsumsi, Petugas Temukan Kemasan Rusak

image

Petugas Saat Melakukan Pengecakan Malakan Disalah Satu Swalayan. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Petugas monitoring kelayakan pangan bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Balai Pom) Provinsi DIY melakukan pengecekan kelayakan pangan kesejumlah toko swalayan yang ada di kota Wonosari, Rabu(31/5/2017) kemarin.

Kegiatan tersebut dilakukan seiring dengan meningkatnya kebutuhan konsumen selama ramadan maupun persiapan lebaran.

Kasi Metrologi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Supriyadi mengatakan, monitoring kelayakan pangan melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Balai Pom) Provinsi DIY.

“Lebih dari lima toko swalayan dilakukan pengecekan untuk memastikan kelayakan pangan,” kata Supriyadi, usai pemeriksaan kelayakan pangan salah satu toko swalayan di Wonosari.

Hasil pengecekan, kata Supriyadi, petugas menemukan beberapa makanan dalam kemasan sudah tidak layak konsumsi. Didapati prodak rusak pada kaleng, seperti kaleng susu dan kelang sarden dalam kondisi penyok.

“Padahal kaleng kalau rusak mempengaruhi isi dan ini sebagi catatan tersendiri bagi kami untuk melakukan menindakan,” tandasnya.

Dengan adanya temuan ini pihaknya mengimbau kepada pemilik toko agar lebih teliti sehingga tak lagi menjual makan kemasan dalam kondisi cacat. Untuk selanjutnya, sejumlah makanan dalam kemasan tidak layak jual diamankan petugas balai pom.

“Sidak untuk mengawasi peredaran produk terutama produk pangan yang beredar di pasaran terutama di swalayan maupun toko besar dari produk rusak, tanpa izin edar dan kadaluarsa,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Wonosari Subekti menyambut baik upaya pemerintah dalam melindungi konsumen. Diakui, selama ramadan kebutuhan masyarakat meningkat, terlebih menjelang lebaran.

“Dengan demikian, agenda sidak seperti sekarang menjadi sangat penting supaya masyarakat menjadi aman,” ungkap Subekti. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post