Sidak Takjil, BBPOM Tidak Temukan Makanan Berbahaya

96 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Produsen makanan takjil yang dijual diwilayah Kabupaten Gunungkidul setiap tahun mulai mengalami peningkatan mengenai kesadaran untuk tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya.

Hal itu sangatlah patut dan perlu untuk diapresiasi.

Dari hasil uji sampling yang dilakukan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) DIY terhadap makanan takjil, petugas tidak menemukan adanya indikasi bahan-bahan berbahaya.

Pengawas Farmasi dan Makanan, BBPOM, Rossy Hertati mengatakan dari hasil uji sampling tidak ditemukan adanya bahan berbahaya.

“Total keseluruhan makanan yang disampling berjumlah 17 makanan seperti bakso goreng, puli, kerupuk berwarna, agar-agar dan tidak ditemukan bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut,” kata Rossy Hertati, Kamis (16/5/2019).

Menurut Rossy, tidak ditemukannya makanan berbahan berbahaya lantaran masyarakat semakin paham bagaimana cara memproduksi makanan yang aman dikonsumsi.

“Kami selalu lakukan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat seperti kepada produsen makanan untuk tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh, selain itu kami juga sosialisasikan kepada konsumen juga bagaimana cara memilih makanan,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu pedagang makanan saji dikawasan Wonosari, Rosalia mengatakan pihaknya selalu mengutamakan kesehatan dan kebersihan makanan. Sehingga seperti bahan berbahaya dan pewarna makanan dihindarinya.

“Semua makanan yang kami jual bebas dari bahan berbahaya. Jadi makanan kami benar-benar sehat,” tutupnya. (Bayu)

Related Post