Siklus Lima Tahunan Diprediksi Bakal Berulang

254 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul memprediksi siklus lima tahunan bakal berulang pada 2021.

Oleh sebab itu seiring mulai tahun 2016 lalu terjadi lonjakan kausus DBD yang mencapai 1.154 kasus. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut pemerintah akan mencanangkan beberapa langkah pencegahan.

Sekretaris Dinkes Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka, mengatakan di Gunungkidul wabah demam berdarah dengue mempunyai pola.

“Di Gunungkidul lonjakan DBD biasanya terjadi lima tahun sekali, maka kami berupaya mengantisipasi dengan beberapa langkah pencegahan,” kata dia, Minggu (27/1/2019) kemarin.

Lebih lanjut, ia menjelaskan penanganan DBD dilakukan dengan cara pemantauan jentik-jentik nyamuk secara berkala. Menurut dia, jika di sebuah wilayah angka jentik nyamuk tinggi, maka di daerah tersebut potensi penyakit demam berdarah dengue juga tinggi.

Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk melakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

“Beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai bagian dari PSN adalah menutup bak penampungan air agar nyamuk betina tidak memanfaatkannya sebagai tempat untuk bertelur, menguras bak mandi, akuarium, serta vas bunga satu atau dua kali dalam sepekan,” ucapnya.

Priyanta menambahkan di Gunungkidul bagian selatan warga menggunakan abate untuk mengurangi risiko DBD. Hal ini dilakukan lantaran wilayah selatan sulit untuk mendapatkan air bersih. Namun penggunaan abate bisa menjadi blunder di daerah yang banyak terdapat air.

“Padahal kebiasaan hanya mengandalkan abate menyebabkan warga sangat malas menguras bak penampungan air,” tutupnya. (G1)

Related Post