Sindikat Penadah Truk Curian Lintas Propinsi Diringkus Polisi

210 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Gunungkidul berhasil mengungkap sindikan pencurian yang terjadi di Kecamatan Ngawen (14/12) lalu dan di Kecamatan Karangmojo pada (1/2) lalu.

Informasi yang dihumpun, dari hasil sindikat pelaku pencurian dengan pemberatan tersebut didapat informasi bahwa kedua Truk Dump telah dijual.

Dari pengembangan itulah, Resmob Polres Gunungkidul berhasil menangkap JMR di Bumiharjo, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah,Rabu(14/3) lalu.

“JMR kita tangkap terkait dugaan kasus pencurian dengan pemberatan yang dilaporkan oleh Polsek Ngawen dan Polsek Karangmojo,” kata Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AKP Rudy Prabowo kepada wartawan, Sabtu (17/3/2018).

Menurut Rudy, saat petugas melakukan penggrebekan kedua barang bukti tersebut nomor polisinya telah diganti yakni KB9898JH dan K1546JH. Hal itu dilakukan tersangka berdalih menyelabuhi petugas.

“Kedua barang bukti plat nomor polisinya telah diganti namun setelah kami cocokkan nomor rangka dan mesin sama dengan data kami,” bebernya.

Dia menjelaskan, kedua Truk Dump yang kini telah dijadikan barang bukti ini ditemukan didua tempat yang berbeda. Dari pengakuan JMR, kedua Truk ini dibelinya dari wilayah Jawa Tengah.

“Kedua barang bukti kami temukan didua tempat yang berbeda yakni di rumah JMR dan dibengkel yang tak jauh dari rumahnya,” jelas AKP Rudy.

Dia menambahkan, saat ini kedua barang bukti dan penadah telah dibawa menuju Polres Gunungkidul untuk dilakukan proses penyidikan lebih dalam.

“Kedua barang bukti kami bawa menuju Polres Gunungkidul dengan jalur darat. Sedangjan JMR kami bawa menggunakan jalur udara,” paparnya.

Atas kejadian itu, JMR dijerat dengan pasal 480 KUHP terkait penadah barang hasil kejahatan dengan masa kurungan empat tahun penjara. (Bayu)

Related Post