Sisa Anggaran Rp 1,02 Miliar Pembangunan Pasar Legundi Kembali Ke Pusat

200 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sisa anggaran pembangunan Pasar Legundi di Desa Girimulyo, Panggang dikembalikan ke Pemerintah Pusat.

Oleh sebeb itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul harus mengembalikan sisa anggaran sebesar Rp 1,02 miliar dari Dana Tugas Pembantuan ini ke kas negara.

Kepala Bidang Pasar, Disperindag Gunungkidul Ari Setyawan mengatakan, dana TP untuk pembangunan pasar Legundi sebesar Rp6 miliar. Namun demikian, pada saat lelang untuk pelaksanaan ada efisiensi anggaran sekitar Rp1,02 miliar. Hal ini terjadi karena proses pengerjaan dan perencanaan pembangunan hanya membutuhkan anggaran sekitar Rp4,9 miliar.

“Jadi masih ada sisa sekitar Rp1,02 miliar,” katanya kepada wartawan, Minggu (18/11/2018) kemarin.

Meski ada sisa, Ari mengakui dana tersebut bukan menjadi hak dari disperindag. Ini lantaran sisa dana tersebut akan menjadi sisa lebih anggaran Kementerian Perdagangan selaku pemilik pagu anggaran dana TP.

“Sisanya tidak bisa dicairkan dan semua diserahkan ke kemeterian,” ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya sudah berusaha agar sisa dana sebesar Rp1,02 miliar bisa digunakan untuk melengkapi pembangunan Pasar Legundi. Hanya saja, upaya lobi yang dilakukan tidak membuahkan hasil.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Purwanto mengakui sisa dana Rp1,02 miliar tak bisa cair bukan menjadi masalah. Pasalnya, yang terpenting proses pembangunan pasar bisa selesai sesuai target sehingga tidak ada kemoloran.

“Dana nanti bisa dicarikan lagi. Yang terpenting kualitas pembangunan pasar harus baik,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post