Sistem Infromasi Bahaya Tsunami Akan Segera Digagas

182 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebagai upaya edukasi masyarakat di pesisir selatan Gunungkidul, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul menggandeng UGM untuk membuat sistem informasi bahaya tsunami (Sibat).

Melalui website SIBAT ini, masyarakat bisa belajar bagaimana acara untuk mengantisipasi timbulnya korban saat terjadi tsunami.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki, mengatakan pihaknya menggandeng UGM untuk membuat sistem informasi bahaya tsunami (Sibat).

“Zaman sudah modern masyarakat lebih senang belajar melalui HP, laptop, maupun komputer daripada kami memberikan buku terkait penanggulangan bencana tsunami, dengan website itu masyarakat dapat belajar dimana saja,” katanya kepada wartawan, Senin (15/10/2018).

Edy mengungkapkan, dalam SIBAT yang diluncurkan ini, sudah dilengkapi dengan peta dan penjelasan mengenai tentang tsunami. Saat ini, peta tentang tsunami yang dikembangkan dalam SIBAT baru mencakup Pantai Kukup saja.

“Jadi masyarakat dapat mengetahui tentang infromasi tsunami,” ujarnya.

Edy pun berharap agar konten dalam website SIBAT terus dikembangkan, sehingga pemetaan semua pantai yang ada di Gunungkidul.

“Kami berharap dikembangkan peta-peta terdampak tsunami tidak hanya di Pantai Kukup saja melainkan bisa dikembangakan ditempat lain,” pungkasnya. (Heri)

Related Post