Situasi Kondusif, Perayaan Idul Fitri Berjalan Sukses

49 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Ribuan umat Islam memadati kawasan Masjid Agung Al-Ikhlas untuk mengikuti frosesi sholat Ied, lebaran 1439 H, Jumat (15/6/2018).

Diperkirakan jumlah jamaah sekitar 6 ribu jamaah. Jamaah meluber memenuhi masjid hingga ke alun-alun Wonosari yang tak jauh dari masijd Al-Ikhlas.

Purnawirawan TNI, Kolonel As’ari Siroj didapuk sebagai Khotib yang mengisi ceramah dalam prosesi sholat Ied. Dalam ceramahnya As’ari Siroj menyampaikan, dalam perayaan Idul Fitri masyarakat harus tetap menjaga kesatuan dan persatuan NKRI.

Terpisah, Binmas Islam Kemenag Gunungkidul, Arif Gunadi mengungkapkan, figur As’ari yang negarawan dan agamawan menjadi indikator pemilihan untuk dipilihnya sebagai Khotib.

“Insya Allah sesuai harapan,” ucapnya.

Sebelumnya Kemenag Gunungkidul telah mengimbau kepada Khotib untuk membawa pesan keharmonisan dalam berceramah.

“Kami mengimbau kepada semua khotib sholat Idul Fitri untuk menyampaikan dakwah yang damai, membawa pesan damai, tidak melakukan ujaran kebencian,” ucapnya.

Diharapkan prosesi sholat Idul Fitri tahun ini berjalan lancar dan tidak ada masalah, khususnya ihwal materi ceramah. Pasalnya pada tahun lalu terjadi penyalahgunaan mimbar dakwah menjadi ajang penyampaian politik praktis. Saat itu penceramah membawa isu panas Pilkada yang diselenggarakan di Jakarta. Hal ini dikhawatirkan memecah belah masyarakat.

“Untuk mengantisipasi hal itu Kemenag Gunungkidul meminta tim di lapangan untuk mendeteksi Khotib atau Mubalig yang dimungkinkan menimbulkan disharmonisasi,” imbuhnya. (Santi)

Related Post