SK Bupati Yang Dinanti Ribuan GTT-PTT Masih Abu-Abu

281 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Meski ribuan honorer telah berupaya keras untuk mendapatkan surat keputusan (SK) bupati, namun hingga kini nasib Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap (GTT-PTT) di Gunungkidul masih abu-abu.

Surat keputusan (SK) Bupati yang dijanjikan pemkab untuk legalitas nyatanya tidak bisa selesai sepenuhnya dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, jumlah penerima SK Bupati untuk sementara berkisar 580 orang dari total ribuan.

Namun, jumlah penerima tersebut adalah GTT, sedangkan PTT masih belum ada kejelasan.

“Saat ini yang kami pikirkan baru yang golongan GTT, sedangkan untuk yang PTT kami belum bisa bicara banyak,” ujarnya saat ditemui Gunungkidulpost.com, di Bangsal Sewoko Projo, Rabu (18/4/2018).

Terkait dengan GTT Ia menjelaskan saat ini pihaknya masih melakukan pendataan dan validasi dengan sekolah-sekolah, sehingga ada kemungkinan jumlah penerima untuk GTT bisa bertambah.

“Kisarnya 580 formasi tapi nanti kita kroscek lagi kemungkinan bisa bertambah,” ujarnya.

Kendati demikian, ada kemungkinan beberapa GTT tidak bisa mendapat SK. Pasalnya pemberian SK tersebut tergantung dari kebutuhan sekolah yang bersangkutan.

”Melihat formasinya dulu bagaimana, kalau tidak ada formasi tapi diangkat kan tidak mungkin. Tentu patokannya adalah kebutuhan. Misalnya ada enam untuk tingkat SD, kita lihat jumlah guru pns nya berapa, kalau dari enam kelas guru PNS nya empat berarti tambahan formasi GTT dua,” jelas Bahron.

Sementara itu Ketua Pengurus Besar PGRI, Muhir Subagja mengatakan pemberian SK Bupati kepada GTT tergantung dengan APBD yang ada.

Kendati demikian, pihaknya yakin proses yang dijalani Pemkab Gunungkidul akan berjalan dengan lancar.

“Kemampuan APBD menentukan juga apa semua GTT bisa diangkat atau bertahap,” paparnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post