SMA N 2 Playen Targetkan Raih Sekolah Echo Green Tingkat Asean

21 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Setelah berhasil meraih predikat sebagai sekolah Adiwiyata, SMA N 2 Playen Kabupaten Gunungkidul mentargetkan akan menjadi sekolah ‘Echo Green’ tingkat Asean.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMA N 2 Playen, Fatmiyati, M.Pd, saat puncak peringatan Hari Bumi, Minggu (29/4/2018).

“Jadi ada beberapa tahapan sebelum menjadi sekolah Echo green Asean, yang pertama kami berjuang mulai adiwiyata kabupaten ke tingkat provinsi, setelah itu tingkat nasional, kemudian kami ingin meraih adiwiyata mandiri tingkat nasional, setelah mendapat adiwiyata mandiri nasional barulah kami membidik untuk masuk ke Echo Green,” jelasnya kepada wartawan.

Fatmiyati menuturkan, Echo Green adalah sekolah yang peduli dengan lingkungan tidak hanya fisik saja tetapi kepedulian lingkungannya meluas ke masyarakat.

“Penerapannya di sekolah kami telah mempersiapkan secara fisik seperti penataan penghijauan, untuk menjadi sekolah echo green syaratnya harus mempunyai hutan sekolah, kami sudah mempunyai lahan sebesar 3 hektar, 1,5 hektar nanti untuk hutan sekolah,” tuturnya.

Lebih lanjut, menurut Fatmiyati untuk mendukung sekolah meraih Echo Green, pembelajaran yang dilakukan berupa integrasi pembelajaran dengan lingkungan hidup.

“Pembelajaran terhadap anak didik juga sudah terintegritas oleh lingkungan hidup ke dalam kurikulum. Jadi kompetensi dasar (kd) bisa dimasukkan tentang pendidikan lingkungan hidup,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan wisata Gunungkidul banyak bertumpu pada keindahan alam sehingga adanya peringatan hari bumi dapat menumbuhkan kesadaran, tanggung jawab, dimasyarakat untuk memelihara lingkungan.

“Dengan adanya peringatan hari bumi di sekolah ini menjadi langkah strategis karena dengan itu anak-anak secara tidak langsung akan terinstall diotaknya mengenai pelestarian lingkungan hidup dari pada mereka hanya diceramahi,” beber Immawan. (Bayu Prihartanto)

Related Post