SMK Mahisa Agni Gunungkidul Siapkan Tenaga Keperawatan Handal

340 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mahisa Agni yang berada di Dusun Sayangan, Bandung, Playen, Gunungkidul miliki jurusan sosial Keperawatan.

Hal itu digagas lantaran melihat peluang kerja yang cukup besar saat ini sebagai tenaga keparawatan.

Adapun kompetensi keahlian yang dintaranya; Rehabilitasi Sosial Disabilitas, Perawatan dan Pelayanan Lansia, serta Pengasuhan dan Advokasi Anak.

Waka Kurikulum dan Sarpras SMK Mahisa Agni Gunungkidul Arif Rahmanto dan Endah Kurniati Triasmara mengatakan, SMK Mahisa Agni telah mendapatkan sertifikat profesi sehingga tidak diragukan lagi nantinya dimencari pekerjaan dibidang kesehatan.

“Saat ini dibuka satu rombongan belajar sebanyak 36 siswa. Beberapa sudah ada yang memesan atau inden,” katanya kepada wartawan, Kamis (27/6/2019).

Menurut dia, tahun ini biaya sekolah di SMK Mahisa Agni lebih terjangkau dibanding dengan sekolah keperawatan lain. SMK yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Mahisa Agni tersebut bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Arif menjelaskan, pendirian SMK sudah mendapatkan ijin dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY dan instansi terkait. Pendirian sekolah dilatarbelakangi adanya peluang kerja sebagai tenaga keperawatan di Jepang.

Berdasarkan data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) terdapat 295 pengasuh lansia yang diberangkatkan ke luar negeri. Setiap tahun terdapat permintaan sejumlah 16.000 tenaga perawat untuk bekerja di Negara maju khususnya Asia Timur seperti Jepang, Taiwan dan Hongkong.

“Guna mempersiapkan calon lulusan siap kerja luar negeri, diberikan pelajaran Bahasa Asing selama 2 tahun,” imbuhnya.

SMK Mahisa Agni selama ini sudah banyak bergerak dibidang pendidikan dan sosial. Terbukti, sekolah ini juga terlibat dalam acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang dihadiri Presiden RI Ir H Joko Widodo di Ponjong Gunungkidul beberapa waktu lalu.

Serta pemasangan pompa air di Desa Beji, Kecamatan Patuk dan Desa Karangasem, Kecamatan Playen.

Saat ini SMK Mahisa Agni membuka penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019/2020 dengan didukung fasilitas memadai seperti Gedung Sekolah, Ruang Kelas, Perpustakaan, Laboratorium Produktif Keperawatan Sosial, Laboratorium Bahasa dan Lab IPA.

Bahkan segera akan dibangun gedung lantai dua dan membangun berbagai fasilitas untuk mendukung keperluan pelaksanaan kurikulum.

Selain itu bebas uang gedung, lulus langsung siap kerja, serta memiliki jaringan dunia kerja seperti, Day Care, Rumah Singgah dan Caregiver (Jepang).

Juga terdapat beasiswa gratis SPP selama 1 semester bagi siswa yang rangkling 5 terbaik UN di sekolahnya. .

“Haraapan kami dengan adanya program unggulan ini mampu mencetak lulusan berkarakter, professional dan mampu menjawab peluang dunia kerja,” pungkasnya.

Pendaftaran siswa baru bisa langsung ke Kampung SMK Mahisa Agni di Sayangan, Bandung, Playen atau menghubungi nomer 081226558236, 089673173052 (Muti) atau 081802658302 (Arif). (Falentina)

Related Post