Standar Keamanan Rangka Baja Mulai Dipertanyakan

157 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Maraknya proyek rehab pembangunan fisik sekolah di Gunungkidul yang memilih menggunakan atap kerangka baja ringan patut menjadi perhatian khusus.

Pasalnya tidak hanya sekali kejadian adanya atap berkerangka baja ringan yang ambrol. Dari informasi yang dihimpun kejadian ambrolnya atap berbahan baja ringan kerap terjadi dan selama ini didominasi oleh proyek sekolahan yang sebagian besar meninggalkan spek kayu sehingga beralih menggunakan baja ringan.

Selain proses pemasangannya yang cepat, dan mudah, dipilihnya kontruksi baja ringan dibandrol dengan harga yang relarif lebuh murah dibandingkan dengan kontruksi bahan kayu.

Akan tetapi jika pemasangan dan standarisasi hanya asal-asalan akibatnya seperti yang terjadi belum lala ini yakni atap ruang kelas baru di TK Negeri Semin di Desa Pundungsari, Semin, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, roboh.

Atap bangunan yang terpasang dari baja ringan itu runtuh dalam proses pembangunan. Beruntung saat kejadian tidak ada korban jiwa.

Hal itu membuat sejumlah anggota dewa mengkritisi proyek yang menggunaka atap baja ringan.

“Kita baru mengkaji stadarisasi pemasangan hingga bahan sehingga mampu dan layak untuk digunakan,” kata salah satu anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi PDIP, Demas Kursiswanto saat ditemui watawan, Senin (18/11/3019).

Menurut Demas, pihaknya akan mengkaji ulang bahan baja ringan yang masuk dalam standar kelayakan. Selain itu, tenaga akhli pemasangan yang wajib memiliki sertifikasi pemasangan baja ringan.

“Jangan sampai hanya asal-asalan. Tergiur harga murah akhirnya atap dipasang jebol. Ini kan malah jadi repot. Yang jelas kejadian atap runtuh seperti dibeberapa sekolahan tidak boleh terjadi lagi,” tandasnya.

Pihaknya akan segera melakukan survey ke beberapa proyek pemerintah yang ada dianggaran 2019 ini. Tentun yang akan menjadi sorotan utama tak lain yakni kontruksi atap baja ringan.

“Pokoknya harus standar dan benar-benar layak. Kedepan kami akan segera melihat langsung proyek dilapangan,” tutupnya. (*)

Related Post