Stok Beras Untuk BPNT Di Gunungkidul Masih Aman

145 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Urusan Logistik Divisi Regional DIY (Bulog Divre DIY) terus bersinergi dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) lokal guna menyerap beras dari petani untuk pemenuhan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berupa beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) khususnya di Gunungkidul.

Kepala Perum Bulog Kantor Wilayah DIY Selatan, Juaheni mengatakan, pihaknya merupakan penyuplai beras medium dan premium untuk Bulog Sub Divre Gunungkidul yang kemudian akan didistribusikan untuk masyarakat.

“Untuk program BPNT kita berikan kepada masyarakat beras yang terbaik yakni premium,” katanya disela kegiatan peluncuran perdana BPNT di Gudang Bulog Logandeng, Kecamatan Playen, Kamis, (12/9/2019).

Juaheni mengatakan, Bulog Divre DIY sampai saat ini telah memiliki stok yang cukup yakni sekitar 22 ribu ton beras dan akan terus dilakukan penyerapan dari para petani lokal.

“Kalaupun kurang, kami bisa serap dari petani luar daerah, namun disini kami tetap mengutamakan dari petani lokal,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, Siwi Iriyanti menuturkan,bahwa nantinya beras yang disalurkan melalui program BPNT akan disalurkan kepada penerima KPM sebanyak 88.267 keluarga yang tersebar di 18 kecamatan di Gunungkidul.

Sesuai program yang ditetapkan pemerintah per KPM menerima beras premium dan telur senilai 110 ribu rupiah.Bantuan tersebut tidak dapat dicairkan dalam bentuk uang

“Masyarakat akan menerima beras dan telur sesuai komposisi yang sesuai dengan keinginan KPM, atau bisa juga memilih untuk menerima beras saja ataupun telur saja, ” terangnya.

Terkait soal pengaduan masyarakat, Siwi mengatakan, pihaknya akan menyampaikan kepada pihak Bulog untuk segera diatasi.

“Kalau ada yang kompalin terkait kualitas beras atau komoditi lainnya, akan kami sampaikan. Untuk itu komunikasi kami dengan Bulog memang harus intens,” ucap Siwi. (Santi)

Related Post