Stok Darah Di RSUD Wonosari Minim

20 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Stok darah yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari krisis.

Hal itu terjadi lantaran pasokan kantung darah hingga saat ini tersendat.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUD Wonosari Martono mengatakan, selam dua minggu ini pasokan darah untuk kebutuhan pasien di RSUD Wonosari minim.

“Akhir-akhir ini pasokan darah tersendat, dan stok yang ada telah menipis,” katanya saat dihubungi Wartawan, Jumat, (10/8/2018).

Ia berharap pada event donor darah yang akan digelar pada minggu depan dapat mengatasi masalah tersendatnya pasokan darah di RSUD Wonosari.

Sehingga stok darah yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasien akan kembali normal.

“Kami harap dengan adanya event donor darah yang akan digelar saat even 17an dapat mencukupi kebutuhan darah untuk pasien,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Gunungkidul Iswandoyo mengatakan saat ini stok darah masih aman untuk satu bulan kedepan.

“Saat ini kami memiliki 600 stok kantong darah setiap darah berisi 200-300 cc,” ujarnya.

Menurut Iswandoyo, dalam satu bulan rata-rata kebutuhan darah yang ada di Kabupaten Gunungkidul setiap bulannya berkisar 500 kantong.

“Setiap bulannya kami selalu mengingatkan kepada para pendonor. Dan kami harap pada pelaksanaan donor darah 15 Agustus 2018 mendatang mendapatkan 100 pendonor,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post