Stok Melimpah Harga Bawang Merah Anjlok

55 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Harga bawang merah di pasaran dinilai mulai anjlok. Hal itu terjadi karena stok melimpah di pasaran.

Kepala seksi distribusi dan perdagangan, Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Sigit Haryanto mengungkapkan, sudah sekitar dua minggu yang lalu harga bawang merah anjlok. Dari Rp 20.000,00/kg, saat ini menjadi sekitar Rp12.000,00/kg sampai dengan Rp 13.000,00/kg.

“Banyak panen raya bawang merah di sejumlah wilayah Gunungkidul, sehingga stok di pasaran melimpah,” katanya Selasa, (2/10/2018).

Untuk menyiasati agar petani tidak merugi, bawang merahpun tidak semua dijual langsung ke tengkulak. Seperti yang dilakukan para petani di Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari. Banyak diantara mereka yang menampung sebagian hasil panen mereka untuk dijual besok.

Selain harga bawang merah yang anjlok. Harga cabai di Gunungkidul juga mengalami penurunan. Penyebabnya sama, lantaran stok yang melimpah di pasaran.

“Harga cabai turun juga dibanding beberapa minggu lalu, karena sudah masuk masa panen,” katanya.

Sementara itu, untuk harga kebutuhan pokok lainnya di Gunungkidul seperti beras, bawang putih, telur dan yang lainnya dirasa saat ini masih normal.

“Harga bahan pokok lainnya relatif stabil,” pungkasnya. (Santi)

Related Post