Stok Pupuk Bersubsidi Hingga Tahun Depan Aman

46 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pertanian Gunungkidul menjamin stok pupuk bersubsidi aman hingga tahun depan.

Pasalnya baru 2.057,65 ton pupuk bersubsidi jenis urea yang telah disalurkan kepada para petani dalam rentang waktu Januari hingga Juni 2018 lalu.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Gunungkid Raharja Yuwono mengatakan, jumlah pupuk yang telah disalurkan tersebut baru 17,25 % dari total pupuk yang ada yakni sebanyak 11.930 ton.

“Sisanya akan ditebus kelompok tani pada musim hujan 2018-2019,” kata Raharja, Senin (13/8/2018).

Raharjo mengatakan, selain urea, dua jenis pupuk bersubsidi lainnya yakni NPK, dan jenis pupuk SP-36 stoknya aman. Adapun untuk alokasi pupuk NPK sebanyai 5.765 ton dan realisasinya sampai dengan Juni sebanyak 1.577 ton atau 27,37 %. kuota sisanya sisa diklaim aman sampai memasuki musim penghujan yang diperkirakan jatuh pada Oktober mendatang.

“Untuk pupuk SP-36 dengan kuota alokasi 907 ton yang terealisasi sampai Juni sebanyak 345 ton atau 38%. Sisanya untuk penebusan musim hujan,” jelasnya.

Raharja mengatakan, terkait penyalahgunaan pupuk
hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan. Dinas Pertanian juga telah berkoordinasi dengan kepolisian jika ada indikasi pelanggaran hukum.

“Informasikan jika ada penyimpangan. Biar kepolisian yang akan menangani,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu petani di Desa Genjahan, Kecamatan Ponjong, Wiyono (46) mengaku, hingga saat ini dia belum menebus pupuk di Gapoktan lantaran sekarang masih musim kemarau, sehingga aktifitas pemupukan belum maksmimal.

“Penebusan pupuk akan dilakukan saat mendekati musim penghujan. Bisanya kami mendapatkan kabar dari ketua kelompok tani untuk menebus pupuk,” ucapnya. (Santi)

Related Post