Stok Pupuk Di Gunungkidul Kritis

226 views
image

Foto: Dok Gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Lantaran adanya keterlambatan pasokan persediaan pupuk di Gudang Pupuk Lini III Wonosari mengalami kekosongan. Hal itu membuat distribusi pupuk ke tingkat agen hingga petani menjadi terhambat.

Kepala Gudang Pupuk Lini III Wonosari, Rohmat Rudiyanto mengatakan, sejak Kamis (16/11/2017) lalu, persediaan pupuk di gudang mengalami kekosongan. Hal itu dimungkinkan karena kendalan pengiriman melalui jalur laut.

“Sudah empat hari pupuk di gudang kosong, lantaran kendala kapalnya mengalami keterlambatan,” kata dia kepada wartawan, Senin (20/11/2017).

Menurut dia, kebutuhan pupuk per hari pada November ini diakuinya cukup tinggi. Sepanjang musim penghujan ini, pupuk yang keluar dari gudang rata-rata sebanyak 150 ton hingga 180 ton per hari. Namun karena persediaan kosong, maka distribusi ke sejumlah agen dan pengecer pun menjadi terhambat.

“Biasanya rata-rata pupuk yang keluar sekitar 150 – 180 ton perhari,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan, kebutuhan pupuk di Gunungkidul untuk sementara dipasok dari daerah lain.

Rohmat mencontohkan seperti kebutuhan pupuk di wilayah Kecamatan Ngawen dan Semin diambilkan dari Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sedangkan untuk daerah lainnya diambilkan dari Gudang Pupuk Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, DIY.

“Terpaksa untuk mengantisipasi kelangkaan sementara dipasok dari daerah lain,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post